Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

SALAM DESA,, MAJU,BERKEMBANG,MANDIRI

 

NANGA BETUNG BERSTATUS DESA MANDIRI DILUAR EKPETASI 2022

ZULKARNAIN 15 Oktober 2022 18:43:33 Kabar Desa

Nanga Betung- Perangkat indikator yang dikembangkan dalam Indeks Desa Membangun dikembangkan berdasarkan konsepsi bahwa untuk menuju Desa maju dan mandiri perlu kerangka kerja pembangunan berkelanjutan di mana aspek Ketahanan Sosial ( Pendidikan, Kesehatan, dan Modal Sosial Permukiman ) Desa Nanga Betung dengan Indexs 0, 8857. Ketahanan Ekonomi ( Keragaman Produksi Masyarakat, Akses Pusat Perdagangan dan Pasar, Akses logistik, Akses Perbankan dan Kredit, dan Keterbukaan Wilayah ) Desa Nanga Betung dengan Indeks 0, 9333. dan Ketahanan Ekologi/ Lingkungan ( Kwalitas Lingkungan, Bencana Alam, dan Tanggap Bencana ) Desa Nanga Betung dengan Indexs 0, 6667. Untuk itu Nilai IDM ( Indexs Desa Membangun Desa Nanga Betung ) Tahun 2022 dengan Nilai 0, 8286. Nilai ini tentu akan menjadi tantangan bagi Desa Nanga Betung agar kedepannya bisa terjaga serta mampu lebih meningkat serta memberikan manfaat kepada semua lapisan masyarakat Desa Nanga Betung khususnya dan Kecamatan Boyan Tanjung pada umumnya. Dari ketiga asfek penilaian tersebut diatas menjadi kekuatan yang saling mengisi serta kemampuan Desa untuk mensejahterakan kehidupan Desa. Kebijakan dan aktivitas pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa harus menghasilkan pemerataan dan keadilan, didasarkan dan memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. Dalam konteks ini ketahanan sosial, ekonomi, dan ekologi bekerja sebagai dimensi yang memperkuat gerak proses dan pencapaian tujuan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa.

Indeks Desa Membangun memotret perkembangan kemandirian Desa berdasarkan implementasi Undang-Undang Desa dengan dukungan Dana Desa serta Pendamping Desa. Indeks Desa Membangun mengarahkan ketepatan intervensi dalam kebijakan dengan korelasi intervensi pembangunan yang tepat dari Pemerintah sesuai dengan partisipasi Masyarakat yang berkorelasi dengan karakteristik wilayah Desa yaitu tipologi dan modal sosial.

Index Desa Membangun tahun 2022 Desa Nanga Betung berpeluang menjadi Desa Mandiri pada tahun 2023 hal ini tercermin pada status yang telah di upload oleh Pemerintah Desa Nanga Betung akhir September 2022 yang lalu.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KAUR KEUANGAN KAUR UMUM DAN PERENCANAAN KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN KEPALA DUSUN KALANG KEPALA DUSUN BETUNG KEPALA DUSUN BANTAS RT/RW : 001/001 RT/RW : 002/001 RT/RW : 001/002 RT/RW : 002/002 RT/RW : 002/003 KETUA BPD ANGGOTA BPD RT/RW : 001/003 WAKIL KETUA BPD ANGGOTA BPD

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung