Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

SALAM DESA,, MAJU,BERKEMBANG,MANDIRI

 

PEMBANGUNAN RUMAH PRODUKSI AIR MINERAL DALAM KEMASAN

ZULKARNAIN 11 Juni 2022 15:13:23 Kabar Desa

 

 KEMENTERIAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

DIREKTORAT JENDERAL PENGELOLAAN HUTAN LESTARI

BALAI PENGELOLAAN HUTAN LESTARI WILAYAH VIII PONTIANAK

PROYEK FIP-1

PEKERJAAN Pengadaan Pembangunan Rumah Produksi Air Mineral dalam Kemasan yang dilakukan di Desa Nanga Betung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat merupakan salah satu perhatian Pemerintah Pusat melalui Kementerian Lingkungan dan Kehutan terhadap Desa dan masyarakat Desa secara keseluruhan yang telah secara pro aktif memelihara Hutan dan Lingkungan sekitar untuk mengantisipasi perubahan iklim global dan Dunia, Pembangunan yang dilakukan atas prakarsa berbagai unsur kepentingan yang ada di Desa Nanga Betung melalui dana ADB ( Asian Development Bank ) 

Pembangunan Rumah Produksi Air Mineral dalam Kemasan ini bernilai Kontrak sebesar Rp. 299.780.000,- ( Dua Ratus Sembilan Puluh Sembilan Juta Tujuh Ratus Delapan Puluh Ribu Rupiah ) dengan waktu Pelaksanaan selam 90 hari Kalender sejak 10 Mei 2022.

Selanjutnya sebagai Kontraktor adalah CV. POROS STUDIO dengan Nomor Kontrak : PKS.16/PPBJ/BPHP-VIII/PPPHP/05/2022 yang diawasi oleh Konsultan CV. DW KREASI KONSULTAN.

Air minum dalam kemasan (AMDK) menjadi pilihan sumber air minum yang dinilai praktis dan lebih sehat bagi sebagian orang.

Air merupakan sumber kehidupan dan sangat penting bagi tubuh kita. Orang dewasa butuh minum sekitar 2 liter air per hari untuk tetap sehat. Air minum dalam kemasan atau sering juga disebut air mineral kerap menjadi pilihan beberapa orang sebagai sumber utama konsumsi air minum.

Namun sebagian orang lain menilai pilihan tersebut kurang tepat, terutama karena limbah air minum dalam kemasan yang tidak ramah lingkungan. Agar lebih bijak, ada baiknya Anda menimbang kelebihan dan kerugian yang mungkin terjadi sebelum memilih AMDK sebagai sumber air minum utama Anda.

Kelebihan air minum dalam kemasan

Air minum dalam kemasan dapat memberikan sederet kelebihan sebagai berikut:

  • Praktis

Kelebihan utama air minum dalam kemasan tentu segi kepraktisannya. Air ini umumnya tersedia dalam bentuk botolan sehingga bisa dibawa ke mana-mana.

Tidak hanya berhenti sampai di situ, AMDK juga hampir tersedia di semua toko, jadi sangat mudah Anda dapatkan.

  • Kaya mineral

Sesuai dengan nama lainnya, yaitu air mineral, air minum dalam kemasan memang kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa contoh mineral yang terkandung di dalamnya meliputi kalsium, magnesium, kalium, natrium, zat besi, dan zinc.

Beberapa mineral tersebut sudah terkandung alami dalam air, tapi ada pula yang ditambahkan dalam proses pengemasannya.

Proses pembuatan AMDK juga dinilai aman karena air ini umumnya sudah tersertifikasi oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sebelum dijual di pasaran.

  • Berdampak positif untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Berkat kandungan mineralnya, air minum dalam kemasan dianggap baik untuk tekanan darah maupun peredaran darah. Contohnya, kalsium yang dapat membantu dalam mengatur detak jantung serta magnesium yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah.

Hanya dengan minum air dalam kemasan, Anda tidak hanya mengatasi kehausan, tapi juga memberikan manfaat untuk berbagai bagian tubuh.

  • Membantu dalam memperkuat tulang

Tidak jauh berbeda dari poin sebelumnya, kandungan kalsium dalam AMDK membuat produk ini bermanfaat untuk tulang.

Menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. Pasalnya, seiring pertambahan usia, pengeroposan tulang berlangsung lebih cepat daripada pembentukan tulang.

Dengan rajin minum air yang juga mengandung kalsium, Anda dapat membantu dalam memperlambat proses pengeroposan tulang tersebut.

Meski begitu, Anda tetap perlu mencukupi asupan mineral ini dari sumber kalsium lain. Contohnya, susu, keju, telur, dan banyak lagi.

  • Dapat melancarkan pencernaan

Air dengan kandungan magnesium lebih baik untuk mencegah sembelit dan mempelancar pencernaan. Kebaikan ini muncul karena magnesium lebih mendorong air ke usus sekaligus mebuat otot-otot usus lebih rileks. Kedua manfaat tersebut membuat proses aliran makanan menjadi lancar.

Kekurangan air minum dalam kemasan

Air minum dalam kemasan memang praktis dan aman untuk dikonsumsi. Meski demikian, produk ini juga memiliki sejumlah kekurangan yang tidak boleh luput dari perhatian Anda. Apa sajakah kekurangannya?

  • Plastik dapat menjadi racun

Hampir seluruh kemasan AMDK adalah plastik. Wadah plastik bisa saja mengandung partikel-partikel kimia kecil (mikroplastik), seperti bisphenol A dan pthalates, yang bisa mengganggu kesehatan.

Beberapa penelitian pada hewan menyebutkan bahwa konsumsi mikroplastik dapat mengganggu sistem endoktrin dan memicu inflamasi. Bila dilakukan dalam jangka panjang, kebiasaan ini berisiko mengganggu berbagai fungsi organ tubuh, termasuk hati dan ginjal.

Anda juga perlu memperhatikan kode plastik pada botol air minum. Kode ini umumnya tertera di bagian bawah kemasan dan menunjukkan jenis bahan baku yang digunakan.

  • Tidak ramah lingkungan

Serupa seperti poin sebelumnya, sebagian besar produk AMDK dikemas dalam plastik, dan plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai oleh alam.

Dengan begitu, konsumsi AMDK dapat meningkatkan jumlah limbah plastik secara signifikan. Botol plastik juga disebut bisa melepaskan racun seiring proses penguraiannya.

Terlebih lagi, sebagian botol plastik AMDK yang dijual di pasaran merupakan botol plastik sekali pakai. Ini berarti, semakin banyak produk ini digunakan, sampah plastiknya akan semakin meningkatkan pula.

Penggunaan ulang botol plastik sekali pakai pun tidak sebaiknya tidak dilakukan karena justru bisa memengaruhi kesehatan.

 

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KAUR KEUANGAN KAUR UMUM DAN PERENCANAAN KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN KEPALA DUSUN KALANG KEPALA DUSUN BETUNG KEPALA DUSUN BANTAS RT/RW : 001/001 RT/RW : 002/001 RT/RW : 001/002 RT/RW : 002/002 RT/RW : 002/003 KETUA BPD ANGGOTA BPD RT/RW : 001/003 WAKIL KETUA BPD ANGGOTA BPD

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung