Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

SALAM DESA,, MAJU,BERKEMBANG,MANDIRI

 

VERIFIKASI DESA BABS ( Bebas Buang Air Besar Sembarangan )

ZULKARNAIN 20 Oktober 2020 20:47:53 Kabar Desa

Kebiasaan sebagian warga buang Air Besar Sembarangan agaknya masih menjadi persoalan cukup serius, tak terkecuali Desa Nanga Betung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Perilaku Buang Air Besar Sembarangan ( BABS ) atau Open Defecation Free ( ODF ) itu menimbulkan pencemaran lingkungan dan menjadi salah satu Penyebab munculnya berbagai Penyakit, seperti Diare dan Kolera.

Untuk menekan terjadinya berbagai kejadian yang tidak di inginkan terkait KESEHATAN, Pemerintah Desa Nanga Betung bersama unsur muspika melakukan terobosan antisifasi melalui kerjasama dengan Puskesmas Boyan Tanjung melakukan kajian dalam menerapkan Bantuan kepada Masyarakat yang belum memiliki WC dirumahnya untuk bisa di bantu melalui keuangan Desa meskipun bantuan tersebut tidak sepenuhnya paling tidak dapat meringankan beban masyarakat, tidak lupa pula Pemerintah Desa Nanga Betung selalu berkoordinasi kepada pihak Dinas Kesehatan mengenai perkembangan dilapangan serta kendala yang dihadapi. Disamping persoalan BABS ( Buang Air Besar Sembarangan ) juga dilihat tingkat kebersihan lainnya, salah satu kebersihan dalam ruangan, lingkungan dan pekarangan serta ketersedian tempat cuci tangan di setiap rumah penduduk.

Terkait wacana akan dilaksanakan Deklarasi Open Defecation Free pada Tanggal 9 September 2019 namun berbagai kendala menyebabkan kegiatan ini baru bisa dilakukan Verifikasi  pada tanggal 01 Oktober 2020, yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, petugas Kesehatan Puskesmas Boyan Tanjung, serta di dampingi Oleh Camat Boyan Tanjung Bapak H. TABRANI, S. AP, Babinkamtibmas Kecamatan Boyan Tanjung di Desa Nanga Betung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Verifikasi ini di bagi 6 Kelompok Dalam Wilayah Desa Nanga Betung yang terdiri dari 3 Dusun yaitu Dusun Kalang 2 Kelompok karna ada 2 RT, Dusun Betung 2 Kelompok  karna ada 2 RT dan Dusun Bantas 2 Kelompok 2 RT, Petugas Verifikasi menaiki setiap Rumah warga dan dilakukan pengecekan kelayakan WC masyarakat, terkhusus tempat pembuangan akhir dari WC tersebut.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

KEPALA DESA SEKRETARIS DESA KASI PEMERINTAHAN KAUR KEUANGAN KAUR UMUM DAN PERENCANAAN KASI KESEJAHTERAAN DAN PELAYANAN KEPALA DUSUN KALANG KEPALA DUSUN BETUNG KEPALA DUSUN BANTAS

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung