Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

SALAM DESA,, MAJU,BERKEMBANG,MANDIRI

 

BURSA INOVASI DESA SEKECAMATAN BOYAN TANJUNG

ZULKARNAIN 28 Agustus 2019 21:25:44 Kabar Desa

Bursa Inovasi Desa merupakan sebuah forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di Desa-Desa di lingkup Kabupaten. Bursa Inovasi ini merupakan bagian tak terpisahkan dari Model Pengelolaan Inovasi di Tingkat Kabupaten.

Adapun maksud pelaksanaan Bursa Inovasi Desa yaitu untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau altenatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan  inovatif.

Sedangkan kegiatan-kegiatan yang akan dipamerkan dalam Bursa Inovasi Desa yakni kegiatan-kegiatan yang bernilai inovatif dalam pembangunan desa yang bukan dalam bentuk barang tetapi dalam bentuk ide-ide kreatif yang lahir dan berkembang di desa-desa.

Tujuan dari Bursa Inovasi Desa, antara lain sebagai berikut:

  • Mendiseminasikan informasi pokok terkait Program Inovasi Desa (PID) secara umum, serta Program Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa secara khusus.
  • Menginformasikan secara singkat pelaku-pelaku program di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa.
  • Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan.
  • Membagi kegiatan inovasi yang telah di dokumentasikan dalam bentuk video maupun tulisan.
  • Membangun komitmen replikasi. 
  • Menjaring inovasi yang belum terdokumentasi. 
  • Membagi informasi Penyedia Jasa Layanan Teknis (PJLT).

Untuk diketahui bahwa Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Desa memiliki dua kewenangan khusus, yaitu kewenangan berdasarkan hak asal usul dan kewenangan lokal skala Desa. Untuk mendukung desa dalam pelaksanaan kedua kewenangan tersebut, Pemerintah telah mengucurkan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) sejak tahun 2015. Dengan adanya kuncuran dana ke desa-desa, diharapkan desa berkemampuan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Namun, disadari bahwa kapasitas Desa dalam menyelenggarakan pembangunan dalam perspektif “Desa Membangun”, masih terbatas. Keterbatasan itu tampak dalam kapasitas aparat Pemerintah Desa dan masyarakat, kualitas tata kelola Desa, maupun sistem pendukung yang mewujud melalui regulasi dan kebijakan Pemerintah yang terkait dengan Desa. 

Sebagai dampaknya, kualitas perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemanfaatan kegiatan pembangunan Desa kurang optimal dan kurang memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa.

Pembangunan desa lebih terfokus pada kegiatan infrastruktur seperti pembuatan rabat beton, pembangunan gedung, dll. Sedangkan, kegiatan-kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat porsinya dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) masih sangat minim. 

Oleh karena itu, Program Inovasi Desa (PID) dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.Kegiatan Bursa Inovasi Desa dilaksanakan dengan maksud mengembangkan Potensi Desa yang ada agar dapat di maksimalkan sebagai nilai kekayaan desa serta nilai tambah bagi desa tersebut dalam mensejahterakan masyarakatnya, hal ini tentu perlu didukung oleh berbagai kalangan termasuk peran serta dalam melakukan berbagai kegiatan yang bisa di jadikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat itu sendiri.

Kegiatan Bursa Inovasi Desa dilakukan di Aula Kantor Camat Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat pada Selasa, 27 Agustus 2019 yang dibuka oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Boyan Tanjung IBU ROHANISAR Sebagai perwakilan Bapak Camat yang lagi dalam posisi tugas Luar Kecamatan, Kasi Pemerintah Kecamatan menyampaikan beberapa pesan serta harapan kepada Desa yang ada di kecamatan Boyan Tanjung agar lebih Pokus dalam mengikuti kegiatan ini supaya bisa di mengerti dan dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan.

Pelaksanaan Bursa Inovasi Desa dihadiri 16 Desa se – Kecamatan Boyan Tanjung yaitu Desa Nanga Jemah, Desa Sri Wangi, Desa Sangan, Desa Riam Mengelai, Desa Tubang Jaya, Desa Nanga Betung, Desa Boyan Tanjung, Desa Mujan, Desa Pemawan, Desa Karya Maju, Desa Nanga Ret, Desa Nanga Danau Desa Nanga Boyan, Desa teluk Geruguk, Desa Penemur dan Desa Delintas Karya.

Diadakannya kegiatan ini dimaksud agar desa yang ada di kecamatan Boyan Tanjung dapat menjadi contoh desa – desa yang ada di kabupaten Kapuas hulu, 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum dan Perencanaan Kaur Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi kesejahteraan dan pelayanan Kadus Kalang Kadus Betung Kadus Bantas

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung