Website Ini Masih dalam Tahap pengembangan, Masukan anda sangat kami harapkan untuk perbaikan kedepannya

Selamat Datang, Semoga dengan hadirnya website ini, dapat meningkatkan pelayanan administrasi dan informasi kepada masyarakat.

Pemerintahan Desa Nanga Betung Mengucapakan Marhaban ya Ramadhan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Moga amal ibadah puasa kita diterima Allah SWT.

 

BUDAYA GOTONG ROYONG DESA NANGA BETUNG

ZULKARNAIN 19 Juli 2019 13:15:23 Kabar Desa

Tradisi Budaya Gotong Royong  Masyarakat Desa Nanga Betung

Gotong - Royong adalah suatu kebiasaan yang sampai saat ini terus di bina dan dipupuk oleh warga Desa Nanga Betung pada umumnya, Salah satunya adalah Dusun Bantas termasuk bagian dari Desa Nanga Betung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu Provinsi Kalimantan Barat, Gotong - Royong di tiap – tiap Dusun Diketuai oleh Kepala Dusun Langsung dan Ketua Lapangan adalah Ketua Rt setempat yang mengumumkan serta mengatur jadwal kerja serta pasilitas lainnya termasuk Konsumsi selama kegiatan tersebut berlangsung.

Dana Gotong Royong tersebut bersumber dari Keuangan Desa pada Anggaran Dana Desa ( ADD  2019 ) dengan estimasi biaya per / tahun dalam satu Dusun sebesar Rp. 500.000,- ( Lima Ratus Ribu ) dibagia dua kali kegiatan dalam setahun, kemudian dibagi lagi per RT setiap kegiatan. Dana ini dinilai sangat minim mengingat pembagian dua Rt dalam Satu Dusun, Meskipun Demikian Kegiatan Gotong – Royong mesti tetap di budayakan.

Desa Nanga Betung terdiri dari 3 ( Tiga ) Dusun dan masing - masing Dusun terbagi menjadi 2 ( Dua ) RT, Adapun Nama - nama Dusun tersebut adalah :

Dusun Kalang ( 001 ) selaku Kepala Dusun Adalah Bapak KADIRUN, Kemudian Rt ( 001 ) selaku Ketua adalah Bapak JHONI serta ketua Rt ( 002 ) adalah Bapak SAMSUL ANWAR. 

Dusun Betung ( 002 ) selaku Kepala Dusun Adalah Bapak BAHARUDIN, Kemudian Rt ( 001 ) selaku Ketua adalah Bapak SABLI serta ketua Rt ( 002 ) adalah Bapak EDI HERMANSYAH.

Dusun Bantas ( 003 ) selaku Kepala Dusun Adalah Ibu SALMAH, Kemudian Rt ( 001 ) selaku Ketua adalah Ibu NURUL AINI serta ketua Rt ( 002 ) adalah Bapak ASPANDI

Warga Desa Nanga Betung adalah warga yang taat pada suatu kegiatan Sosial ini, Budaya dan berbagai kegiatan lainnya termasuk kegiatan keagamaan sehingga Desa Nanga Betung Kecamatan Boyan Tanjung Kabupaten Kapuas Hulu menjadi unik untuk di telusuri, hal ini tidak terlepas dari peran serta berbagai stackholder yang merasa penting dalam memajukan suatu Desa Kearah yang lebih baik serta menghargai betapa pentingnya suatu kerjasama di suatu wilayah.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Kaur Umum dan Perencanaan Kaur Keuangan Kasi Pemerintahan Kasi kesejahteraan dan pelayanan Kadus Kalang Kadus Betung Kadus Bantas

Sinergi Program

Website Pemda Kapuas Hulu Website Pemprov Kalbar
Website Kemendagri Website Kemendes

Peta Desa

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung